Inggris Memiliki Pengaruh Besar Terhadap Peradaban Dunia

Peta dunia terdiri atas banyak negara, pulau, dan daerah. Salah satunya adalah Inggis atau England, sebuah negara bagian dari Britania Raya. Negeri ini berbatasan langsung dengan Skotlandia di bagian utara, barat adalah Wales. Di barat laut berbatasan dengan Laut Irlandia, sebelah timur Laut Utada, barat daya Laut Keltik, dan selatan adalah Selat Inggris.

Inggris adalah negara kepulauan, yang tidak berbeda dengan Indonesia. Negara asal sepakbola ini mencakup 100 pulau kecil, seperti Isles of Wight dan Isles of Scilly. Dibandingkan dengan negara bagian lainnya, Inggris merupakan yang terbesar dan terpadat. Negara ini terbentuk atas United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland. Dalam bahasa Indonesia, Persatuan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utama. Negara bagian lainnya, adalah Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara,

Berdasarkan sejarahnya, wilayah Inggris pertama kali dihuni oleh manusia modern pada masa periode Paleolitikum. Penamaan England berasal dari kata Angles, salah satu Suku Jermanik yang menetap pada kisaran abad ke-5 dan ke-6. Pada tahun 927 masehi, sejak Zama Penjelajahan abad ke-15, Inggris menjadi negara persatuan.

Dalam peta dunia, Inggris mempunyai pengaruh hukum dan budaya yang kuat di banyak belahanu dunia. Sebagai contoh kecil, bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa internasional. Belum lagi kehadiran gereja Anglikan dan hukum Inggris menjadi dasar sistem hukum bagi semua negara di Bumi. Tidak lupa sistem parlementer pun banyak diadopsi oleh negara lain.

Pada abad ke-18, tepatnya masa Revolusi Industri Inggris, membuat negara ini sebagai negara industri pertama di Bumi. Pengaruh besar dihadirkan dari Royal Society Inggris dalam meletakkan dasar keilmuan, khususnya sains eksperimental terhadap teknologi modern dan ilmu pengetahuan.

Pada tahun 1897, Kekaisaran Inggris (Imperium Britania) adalah imperium paling luas dalam sejarah dunia. Imperium tersebut menjadi periode tertentu yang pernah memiliki kekuatan utama di dunia. Imperium ini hasil dari masa penemuan Eropa, yang dimulai dengan penjelajahan laut global negara Liberia pada akhir abad ke-15.

Itu saja ulasan singkat tentang peta dunia sejarah Inggris. Semoga berkenan dan sampai jumpa di lain waktu.