Apa Itu Trading

Barang kali Anda sering mendengar istilah atau nama trading. Lantas, apa itu trading? Tidak sedikit ketika bertanya cara mendapat uang dengan mudah dan banyak kepada teman, tetangga atau sebagainya, jawaban yang didapat adalah memainkan trading. Lantas, apa trading? Dan bagaimana cara untuk melakukan trading? Anda yang penasaran, simak saja artikel berikut untuk mencari tahu jawabannya.

Trading emrupakan saduran bahasa Inggris yang artinya melakukan pertukaran barang atau jasa ke pihak satu dan yang lain. Oleh karena itu, kegiatan trading adalah dasar dari aktivitas individu untuk menukarkan barang ataupun hasil produksi dengan kebutuhan yang dibutuhkan. Kegiatana trading yang paling awal adalah barter. Bentuk ini adalah gambaran paling sederhana sebelum munculnya uang untuk standarisasi alat tukar.

Setelah uang ditemukan, kegiatan trading mengalami perubahan yang begitu signifikan. Pasalnya proses pertukaran tersebut muncul dengan pembagian jual dan permintaan. Dengan meningkatan efisiensi tersebut, individu mempunyai potensi untuk mendapatkan keuntungan atau profit dibanding modal awalnya. Berikut gambaran apa itu trading:

Budi merupakan pengrajin sepatu, dia menyiapkan modal Rp 1 juta untuk produksi sepatu sebanyak 10 pasang. Dia menawarkan setiap pasang sepatu tersebut dengan harga 250 ribu. Dari trading tersebut, Budi mendapat pemasukkan dengan nominal sebesar 1,250.000. Dari data tersebut, Budi mendapat keuntungan sebesar 25% dari modal awal yang ia miliki. Secara gambaran, demikian proses trading yang paling sederhana supaya Anda bisa memahaminya lebih dalam.

Trading mengalami perkembangan yang begitu pesat. Selain pertukaran jasa dan barang secara konvensional, pasar yang merupakan sentral pertukaran menyediakan banyak peluang. Contohnya dengan memasukkan jual beli untuk kebutuhan keuangan. Pasar tempat jual beli yang dimaksud adalah forex. Bukan hanya itu saja, ada juga pasar paham dan juga pasar berjangka.

Di Indonesia, proses trading secara khusus masuk pada kegiatan jual beli jangka panjang yang ada di pasar berjangka dan juga pasar ekuitas. Pelaku di pasaran disebut dengan nama trader. Sebagai penghubung disebut broker dan pihak penyedia disebut bank atau lembaga keuangan.